Kamera 1

Selasa, 01 Mei 2012

MARI KITA MULAI LAGI

Marilah kita mulai berbuat baik sebab sampai sekarang kita berbuat sedikit (Santo Fransiskus)

Fransiskus menyampaikan kata-kata ini pada waktu sebagian besar orang memandang dia sebagai seorang santo. Dalam pikirannya, selama orang masih hidup, orang tidak bisa berkata "sudah sempurna" dan karena itu masuk surga. Dia tidak mengukur kasihnya dengan ukuran kasih seorang manusia, tetapi dengan kasih Kristus. Karena itu, dia selalu berusaha maju agar menjadi semakin serupa dengan Tuhannya.
Hal itu berlaku juga bagimu, apakah Anda seorang fransiskan sekular, atau seorang calon yang hendak menjadi anggota fransiskan sekular ataupun seorang yang berminat belajar tentang cara Fransiskus mengikuti Yesus. Allah memberkatimu dengan hidupNya dan memberikan kepadamu anugerah dan keteguhan iman bertahun-tahun hingga saat ini; dan Anda telah memilih untuk membaca buku ini. Anda sekarang termasuk salah seorang yang mau memulai kembali menekuni hidup seperti yang telah dihayati Fransiskus.
Setiap kita memulai yang baru, kita masuk dalam suatu tahap baru dari kehidupan. Kini Anda mulai memperkaya hubunganmu dengan Allah melalui inspirasi dari Fransiskus dan Klara bersama dengan saudara-saudarinya. Anda tidak masukdalam suatu lingkungan yang sangat berbeda dari kehidupan kristen atau sesuatu yang lebih baik dari kehidupan orang kristen lainnya. Anda sedang memasuki rangkulan kasih Kristus yang begitu luas dan menggairahkan untuk mengalaminya secara lebih mendalam seperti dan bersama Fransiskus. Sesuatu yang berbeda dari hidupmu yang baru itu ialah bahwa hidup kristen itu sekarang diberi warna dan kiblat khusus oleh Fransiskus dan tradisi yang berkembang dari cara hidup dan ajaran-ajarannya.
Anda sekarang memulainya lagi dan akan terus memulai sepanjang sisa hidupmu.
Profisiat.


Pengarahan:

Seorang anggota OFS dibantu untuk memenuhi hukum utama: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama daripada kedua hukum itu" (Mrk 12:30-31).Seorang anggota OFS memenuhi kehendak Allah yang dipercayakan kepadanya: menjawab kasih Allah dengan tulus ikhlas dari dirinya sendiri; menyerahkan dan mengurbankan diri secara utuh kepada Allah yang baik.
Syarat-syarat untuk penerimaan ke dalam Ordo Fransiskan Sekular adalah: "....Mengakui iman katolik, hidup dalam persekutuan dengan Gereja, menghayati hidup bermoral, dan memperlihatkan tanda-tanda adanya panggilan" (Konsum Art 39:2).
Tujuan tidak langsung yang hendak dicapai adalah profesi dalam OFS. Anda akan berjanji: "Menghayati lebih intens dan lebih setia rahmat dan persembahan dalam janji baptis dengan mengikuti Yesus Kristus sesuai dengan ajaran dan teladan Fransiskus dari Asisi. Masa pemantauan ini bertujuan untuk menolong dan menyiapkan diri untuk mengambil keputusan. Begitu mengucapkan profesi, anda sedang memulai lagi perjalananmu" (Konsum Art 37-43).
Pertanyaan untuk direnungkan:
  • Dengan cara apa Anda mengharapkan untuk mendalami kasihmu akan Allah?
  • Sikap yang bagaimana merupakan halangan terbesar untuk mendalami kasihmu akan Allah?
  • Apakah Anda merasakan adanya suatu semangat untuk hidup lebih baik?
Acuan pada teks kitab suci dan tulisan Fransiskan
- Injil Mat 1:18-25; Luk 1-2: Kelahiran Kristus dan awal hidupNya.
- M. Bodo, Fransiskus: Perjalanan dan Impian, hlm 1-10.
Doa
Ya Allah, Engkau berjanji untuk menciptakan segala sesuatu menjadi baru.
Janji itu mengena juga pada diriku. Sementara aku mulai melakukan perjalanan
ini untuk menemukan cara hidup Fransiskan menuju Engkau, kumohon baruilah iman,
harapan dan kasihku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar