Kamera 1

Selasa, 01 Mei 2012

Memantapkan langkah sebagai OFS.

1.Apa itu OFS (Ordo Fransiskan Sakular).

1.Dibandingkan dengan kelompok-kelompok Legio Mariae,ME,Kharismatik dan sebaganya,kelompok OFS nampaknya belum masuk dalam "kamus" umat Katolik Indonesia.Apabila orang mendengar tentang OFS,muncul banyak pertanyaan :"kelompok apa ya? Dimana pusatnya dan apa karya kerasulannya?".Di kalangan fransiskan-fransiskanes sendiripun banyak yang belum tahu tentang OFS;bahkan mungkin juga diantara anggota OFS sendiri masih ada yang belum mengerti dengan baik.Dalam tulisan ini,kita akan mendalami beberapa hal pokok/penting,misalnya : apa hubungan antara menjadi Katolik dengan menjadi anggota OFS ? Apa kekhususan OFS dalam Gereja Katolik,dan hal-hal apa ang patut kita pahami agar menjadi OFS tidak dianggapa sekedar "tambahan" (atau mungkin "pelarian") dalam kehidupan kita sebagai orang/umat Katolik.

2.Untuk menjadi pengikut Kristus,orang dapat menempuh salah satu dari 3 (tiga) jalan berikut : menjadi AWAM yang hidup ditengah masyarakat,menjadi RELIGIUS dengan hidup sebagai BIARAWAN/BIARAWATI,dan menjadi KLERUS,dengan hidup sebagai pejabat/petugas Gereja (=Rohaniwan).emua "jalan" itu menuju kepada satu tujuan yang sama yaitu persatuan dengan ALLAH.Maka semua jalan itu disebut dengan "jalan kesempurnaan" atau "jalan kasih",sebab ALLAH adalah KASIH.Semua jalan itu juga bertolak dari dasar yang sama yakni "rahmat baptisan".
Tetapi biarpun tujuan dan titik tolaknya sama,namun cara dan alat.sarana yang mereka pakai dalam menempuh "jalan" itu berbede-beda.

3.Seorang OFS menempuh jalan sebagai AWAM.Artinya,seorang OFS memelihara dan mengembangkan rahmat baptisanya ditengah dunia,yaitu dalam kehidupan sehari-hari sebagai awam;entah sebagai orang yang berkeluarga,atau sebagai seorang bujang,entah sebagai orangtua atau sebagai seorang anak,dimanapun ia berada dan apapun yang dikerjakannya/dilakukannya.Singkatnya : seorang OFS menempuh "jalan kehidupan",seperti awam-awam lainnya,ditengah masyarakat pada umumnya.

Seorang OFS menempuh "jalan dunia" itudengat semangat dan jiwa khusus,yakni semagat/jiwa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Santo Fransiskus dari Asisi,dan bukan dengan semangat/jiwa yang lain.Apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh santo Fransiskus dari Asisi itu disebut dengan "jalan FRANSISKAN" atau disebut juga dengan spiritualitas Fransiskan. Didalam "jalan Fransiskan" itu,terdapatlah jiwa,semangat dasar yang harus dihayati/dimiliki oleh kaum OFS ( seperti juga semua pengikut Fransiskus dari Ordo !,!! dan !!! Regular) yakni : "mengikuti jejak Tuhan kita Yesus Kristus yang miskin dan tersalib".Jalan itulah yang ditempuh oleh seorang OFS,dan oleh karana itulah seorang OFS berbeda dari orang AWAM Katolik lainnya (sebab mereka juga mengikuti jejak YESUS) tetapi sekaligus berbeda,karena seorang OFS menekankan segi khusus yaitu "YESUS yang miskin dan tersalib".
 
Sumber : Fx Erwin Tanara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar