Kamera 1

Senin, 28 Mei 2012

SEBAIKNYA ANDA TAHU > APA PERBEDAAN ANTARA TUJUH DAN SEMBILAN KARUNIA ROH KUDUS ?

Dalam pemahaman teologi Katolik, tujuh karunia (sapta karunia) Roh Kudus adalah karunia hikmat (wisdom), karunia pengertian (understanding), karunia pengetahuan (knowledge), karunia nasihat (counsel), karunia keteguhan (fortitude), karunia kesalehan (piety), dan karunia takut akan Tuhan (fear of the Lord). Sapta karunia Roh Kudus ini didasarkan pada Yes 11:1-3. Menurut Santo Thomas Aquinas, 4 karunia pertama berfungsi menyempurnakan keutamaan manusia dalam bidang yang berhubungan dengan akal budi manusia. Sedangkan tiga karunia terakhir berfungsi untuk mengarahkan kehendak manusia kepada Tuhan. Ketujuh karunia itu bergerak dalam diri seorang manusia demi pengudusan orang yang bersangkutan dan masing-masing berhubungan dengan satu keutamaan tertentu.

Sembilan karunia Roh Kudus adalah karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, karunia untuk berkata-kata dengan pengetahuan, karunia iman, karunia untuk menyembuhkan, karunia untuk mengadakan mukjizat, karunia untuk bernubuat, karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan karunia untuk menafsirkan bahasa roh. Sembilan karunia Roh Kudus didasarkan pada 1 Kor 12:7-10. Kesembilan karunia ini dimaksudkan untuk kepentingan bersama.

Jadi perbedaan antara tujuh karunia dengan sembilan karunia hanyalah pada sasarannya. Sembilan karunia Roh Kudus berperan dalam ruang hubungan antarpribadi dalam sebuah komunitas, sedangkan tujuh karunia Roh Kudus berperan dalam diri seseorang sebagai individu.
(PS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar