Kamera 1

Senin, 16 Januari 2012

DOA-DOA KEPADA KANAK-KANAK YESUS YANG KUDUS

DEVOSI KANAK KANAK YESUS DARI PRAHA'

DOA-DOA KEPADA KANAK-KANAK YESUS YANG KUDUS

 

PERSEMBAHAN MISA UNTUK MENGHORMATI YESUS - ANAK

Doa-doa berikut ini dapat digunakan
sebelum Misa atau pada saat-saat lain

Ya Kanak-Kanak Yesus Ilahi!
Sebagaimana Engkau memanggil para gembala ke palungan-Mu melalui malaikat-malaikatMu yang kudus, dan memanggil para Majus melalui sebuah bintang ajaib, demikian sekarang Engkau memanggil aku untuk menghormati Keallahan serta Kemanusiaan-Mu; Engkau memanggil aku untuk menghadiri misa kudus ini.
Para Majus yang saleh mempersembahkan emas, kemenyan dan mur; namun aku mempersembahkan Engkau kepada Bapa-Mu di surga (karena Engkau milikku), melalui tangan imam, sebagaimana Engkau mempersembahkan diri kepada-Nya dengan berbaring di dalam palungan, seorang bayi tak berdaya.
Aku menyatukan intensiku dengan intensi imam dan seluruh Gereja Katolik yang kudus dan aku ingin menghadiri misa kudus ini dengan hormat yang besar untuk menghormati Engkau, mengenangkan derita-derita-Mu yang tak terperikan mulai sejak Engkau di kandang Betlehem. Aku mempersembahkannya sebagai ucapan syukur atas segala kebaikan yang telah kuterima, sebagai tanda tobat atas banyaknya dosa dan kelalaianku, dan akhirnya, ya Yesus Anak yang amat baik, untuk mendapatkan pertolongan-Mu dalam kebutuhan-kebutuhanku, terutama .................. (sebutkan kebutuhan Anda).
Aku menyatukan kurban ini dengan kurban tum¬pahan darah yang Kau persembahkan di salib. Aku mempersembahkannya bagi diriku sendiri, bagi semua sanak-saudaraku, sahabat-sahabat dan para penderma, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal, bagi para pemimpin Gereja maupun negara dan bagi seluruh umat manusia.
Terimalah dengan ramah persembahanku ini, ya Bapa dan Tuhan yang mahamurah. Dengarkanlah, doa-doaku yang kusampaikan dengan perantaraan Putra-Mu yang terkasih, yang telah menjadi anak kecil dan membiarkan diri-Nya dibaringkan di palungan.
Allah yang mahakuasa dan kekal, Pencipta dan Penebus kami. Dengarkanlah doa-doa kami serta terimalah dengan murah hati kurban per¬sembahan keselamatan yang sedang kami unjukkan ke hadirat-Mu yang Mahakuasa untuk menghormati Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus. Semoga dengan kelimpahan rahmat-Mu kepada kami, kami dapat bersukacita kare¬na nama kami tertulis di surga di bawah Nama Yesus yang mulia, sebagai suatu ikrar suratan kekal. Dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.


Doa Pater Cyrillus a Matre Dei
Pater Cyrillus adalah orang pertama yang
menghormati Kanak-Kanak Yesus Ajaib dari Praha

Yesusku, kepada-Mu aku berlari.
Melalui Bunda-Mu tersuci,
aku berdoa agar Engkau membantu aku dalam kebutuhanku.
Aku sungguh percaya kepada-Mu.
Engkaulah Allah yang dengan kuat-kuasa melindungi aku;
Dengan penuh percaya, aku berharap kepadaMu.
Rahmat-Mu akan Kauberikan kepadaku.
Seluruh hatiku kuberikan kepada-Mu.
Kusesali dosa-dosaku.
Kumohon kepada-Mu, jauhkanlah aku dari dosa.
Yesus, bebaskanlah aku dari belenggu-belenggu dosa.
Teguhkanlah niatku untuk memperbaiki diriku.
Aku tak pernah akan menghina Engkau lagi.
Aku memberikan seluruh diriku kepada-Mu.
Dengan sabar akan kutanggung derita demi Engkau.
Kulayani Engkau selamanya.
Aku akan mengasihi sesamaku seperti diriku sendiri karena aku mengasihi Engkau.
Yesus yang kecil, kumohon kepada-Mu:
bantulah aku dalam segala kebutuhanku supaya bersama Santo Yusuf dan Bunda Maria, serta para malaikat, aku bersukacita memandang-Mu kelak. Amin.


Doa Novena
Tanda * adalah tanda berhenti sejenak, bila
doa ini dilakukan bersama dalam kelompok.

Yesus yang terkasih.
Dengan lemah-lembut Engkau mengasihi kami.*
Sukacita-Mu terbesar ialah tinggal di antara kami serta memberi berkat-Mu kepada kami! *
Walaupun aku tak pantas menerima kasih-Mu,*
namun aku merasa tertarik pada-Mu, ya Kanak-Kanak Yesus terkasih,*
karena Engkau, dengan senang hati mengampuni aku dan merajai aku dengan kuasa-Mu yang agung.*
Begitu banyak orang yang berpaling kepada-Mu dengan keyakinan*
telah menerima berkat dan permohonan mereka terkabul.*
Pandanglah aku.*
Rohku berlutut di depan altar-Mu,*
hatiku seluruhnya terbuka bagi-Mu,*
sambil berdoa, memohon dan berharap. *
Teristimewa ke dalam Hati-Mu yang Mahapengasih,*
kubawakan masalah ini .........
Kuasailah aku dan semuanya yang ada padaku,*
sesuai dengan kehendak-Mu yang kudus,*
karena aku tahu dalam kebijaksanaanMu dan kasih-Mu yang ilahi,*
Engkau akan mengatur segalanya demi kebaikanku.*
Kanak-Kanak Yesus yang maharahim,*
jangan melepaskan pegangan tangan-Mu dari kami.*
Lindungilah serta berkatilah kami senantiasa. *
Aku berdoa, ya Anak Termanis,*
demi nama Bunda-Mu Maria yang tersuci,*
yang memeIihara Engkau dengan amat mesra,*
dan demi hormat besar Santo Yusuf yang menatang Engkau dulu.*
Hiburkanlah aku dan buatlah aku bahagia,*
sehingga aku dapat meluhurkan Engkau*
serta bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku untuk selama-lamanya. Amin.


Litani Kepada Kanak-Kanak Yesus
untuk doa pribadi

Tuhan, kasihanilah kami.
Kristus, kasihanilah kami.
Tuhan, kasihanilah kami.
Kristus, dengarkanlah kami.
Kristus, kabulkanlah doa kami.
Allah, Bapa di surga *......
Kasihanilah kami
Allah Putra, Penebus dunia,
Allah Roh Kudus,
Kanak-Kanak Yesus yang ajaib,
Kanak-Kanak Yesus yang sungguh Allah dan Tuhan,
Kanak-Kanak Yesus yang kemahakuasaan-Nya digelarkan dengan cara ajaib;
Kanak-Kanak Yesus yang kebijaksanaan-Nya meliputi hati dan pikiran kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang kebaikan-Nya tak putus-putusnya membantu kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang penyelenggaraan-Nya membimbing kami ke tujuan dan cita-cita kami yang terakhir,
Kanak-Kanak Yesus, yang kebenaran-Nya menerangi kegelapan hati kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang kemurahan-Nya memperkaya kepapaan kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang persahabatan-Nya menghibur orang yang sedih,
Kanak-Kanak Yesus, yang belas kasih-Nya mengampuni dosa-dosa kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang kekuatan-Nya menyegarkan kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang kuasa-Nya mengenyahkan segala kejahatan,
Kanak-Kanak Yesus, yang keadilan-Nya mencegah kami terhadap dosa,
Kanak-Kanak Yesus, yang kuasa-Nya mengalahkan neraka,
Kanak-Kanak Yesus, yang wajah-Nya menarik hati kami,
Kanak-Kanak Yesus, yang keagungan-Nya menguasai semesta alam,
Kanak-Kanak Yesus, yang hati-Nya penuh cinta mengobarkan, hati kami yang dingin,
Kanak-Kanak Yesus, yang tangan ajaib-Nya penuh berkat melimpahi kami dengan segala anugerah,
Kanak-Kanak Yesus, yang nama-Nya yang manis dan kudus menyukacitakan hati umat beriman,
Kanak-Kanak Yesus yang kemuliaan-Nya menyebar ke seluruh dunia,
Kasihanilah kami, ya Yesus,
Sayangilah kami
Kasihanlah kami, ya Yesus
Kabulkanlah doa kami.
Dari segala kejahatan,
Bebaskanlah kami, ya Yesus.
Dari segala dosa,
Dari ketidak percayaan akan kebaikan-Mu yang tak terhingga,
Dari segala keraguan akan kuasa ajaib-Mu,
Dari sikap acuh tak acuh untuk menghormati-Mu,
Dari segala cobaan dan kemalangan,
Demi misteri masa Kanak-kanak-Mu yang kudus,
Kami, orang berdosa, mohon:
Dengarkanlah kami.
Dengan perantaraan Bunda Maria, Bunda-Mu yang Perawan, dan Santo Yusuf, bapa angkat-Mu,
Kami mohon, kabulkanlah doa kami.
Ampunilah dosa-dosa kami,
Bimbinglah kami kepada pertobatan sejati,
Pertahankanlah dan kembangkanlah dalam diri kami kasih dan devosi kepada-Mu,
Kanak-Kanak yang kudus,
Janganlah menarik tangan ajaib-Mu dan kami,
Ingatkanlah kami selalu akan berkat-berkat-Mu yang tak terbilang banyaknya,
Nyalakanlah kasih kepada Hati-Mu yang kudus, agar semakin berkobar,
Kabulkanlah doa semua orang yang berseru kepada-Mu dengan penuh percaya,
Berilah damai-Mu kepada negeri kami,
Bebaskanlah kami dari segala kejahatan yang akan datang,
Karuniakanlah hidup kekal kepada semua orang yang bersikap baik terhadap-Mu,
Ucapkanlah keputusan penuh belas kasihan terhadap kami pada hari pengadilan,
Semoga Engkau, tetap menjadi tempat pengungsian bagi kami,
Yesus, Putra Allah dan Maria,
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia,
luputkanlah kami, ya Yesus.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia,
kabulkanlah doa kami, Yesus.
Anak Domba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia,
kasihanilah kami.

Yesus, dengarkanlah kami.
Yesus, kabulkanlah doa kami.
Bapa kami ...
Marilah berdoa.... (Hening sejenak)

Ya Kanak-Kanak Yesus yang kudus,
sambil bersujud di hadirat-Mu, kami mohon,
pandanglah hati kami yang susah dengan belas kasih-Mu.
Semoga Hati-Mu yang lembut dan penuh belas kasihan menjadi lunak karena doa-doa kami.
Limpahkanlah kepada kami rahmat yang dengan sangat kami minta daripada-Mu.
Angkatlah segala derita dan keputusasaan kami, segala cobaan dan kemalangan, yang sangat membebani kami.
Demi masa Kanak-Kanak-Mu yang kudus, dengarkanlah doa-doa kami, serta berikanlah hiburan dan bantuan, agar kami boleh memuji Engkau, bersama Bapa dan Roh Kudus, kini dan selama-lamanya. Amin.


Doa Orang Sakit
Dapat digunakan sebagai Doa Novena

Kanak-Kanak Yesus yang penuh belas kasihan! Aku mengetahui perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib terhadap orang-orang sakit. Banyak sekali penyakit telah Kau sembuhkan selama hidup-Mu di bumi. Banyak sekali orang yang menghormati patung-Mu yang ajaib yakin bahwa Engkau telah menyembuhkan dan melepaskan mereka dari penyakit-penyakit yang sangat parah dan tanpa harapan. Aku sungguh sadar, bahwa orang berdosa seperti aku ini selayaknya menanggung derita serta tidak berhak memohon karunia. Akan tetapi dengan mengingat rahmat-rahmat yang tak terbilang banyak¬nya serta penyembuhan-penyembuhan ajaib yang Kau limpahkan kepada orang-orang yang berdosa besar sekalipun melalui devosi kepada-Mu, Kanak-Kanak yang kudus, terutama melalui patung ajaib dari Praha atau gambar-gambar serupa, maka aku pun berseru dengan keyakinan yang mantap: Ya Anak Yesus yang penuh kasih dan belas kasihan, Engkau dapat menyembuhkan aku juga, kalau Engkau mau!
Janganlah ragu-ragu, ya Tabib Surgawi, bila Engkau memang menghendaki agar aku pulih dari penyakitku yang sekarang. Rentangkanlah tangan-Mu yang mahakudus, dan dengan kuasa-Mu, angkatlah segala derita dan penyakit ini, sehingga aku pulih kembali, bukan karena obat-obat alami, melainkan semata-mata karena kehendak-Mu saja. Akan tetapi, bila Engkau dalam kebijaksanaan-Mu yang tak terselami telah memutuskan yang sebaliknya, setidak-tidaknya sembuhkanlah jiwaku seutuhnya, penuhilah aku dengan hiburan surgawi serta berkat, agar aku boleh menjadi seperti Engkau sendiri, ya Yesus, dalam penderitaanku, serta boleh memuliakan penyelenggaraan-Mu, sehingga pada saat tubuhku mati, Engkau mengaruniakan kepadaku hidup kekal. Amin.



Novena Sembilan Hari
Menjelang tanggal 25 setiap bulan

1. Allah Bapa yang kekal, demi kehormatan dan kemuliaan-Mu, serta demi keselamatanku yang kekal dan demi keselamatan seluruh dunia, kupersembahkan kepadaMu misteri kelahiran Penebus ilahi kami.
Kemuliaan......
2. Allah Bapa yang kekal, demi kehormatan dan kemuliaan-Mu serta demi keselamatanku yang kekal dan keselamatan seluruh dunia, kupersembahkan kepada-Mu derita Perawan Tersuci Maria dan Santo Yusuf dalam perjalanan mereka yang lama serta melelahkan dari Nazaret ke Betlehem serta kecemasan mereka ketika tidak ada tempat bagi mereka untuk bermalam menjelang saat lahirnya Penebus dunia.
Kemuliaan......
3. Allah Bapa yang kekal, demi kehormatan dan kemuliaan-Mu serta demi keselamatanku yang kekal dan keselamatan seluruh dunia, kupersembahkan kepada-Mu penderitaan-penderitaan Yesus di palungan, tempat la dilahirkan, kedinginan yang la derita, air mata yang la tumpahkan dan tangisan-Nya yang lembut.
Kemuliaan......
4. Allah Bapa yang kekal, demi kehormatan dan kemuliaan-Mu serta demi keselamatanku yang kekal dan keselamatan seluruh dunia, kupersembahkan kepada-Mu kepedihan yang dirasakan Yesus, Putra Ilahi pada Tubuh-Nya ketika la menjalani upacara sunat; kupersembahkan kepada-Mu Darah mulia yang saat itu mengalir untuk pertama kalinya demi keselamatan umat manusia.
Kemuliaan......


Novena Penuh Kuasa Dalam
Keperluan yang Mendesak

Dalam kasus-kasus serius dapat diadakan Novena per jam, sebagai ganti Novena harian, Doa-doanya, kalau itu mungkin, diadakan berulang kali pada saat-saat yang sama selama sembilan jam berturut-turut.

Yesus, Engkau telah berkata, Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu (Mat 7:7). Dengan perantaraan Maria, Bunda-Mu yang tersuci, aku mencari, aku mengetuk, aku memohon, agar doaku terkabul.
(Sebutkan permohonan Anda!)
Yesus, Engkau telah berkata, Apa yang kamu minta kepada Bapa dalam Nama-Ku diberikanNya kepadamu (Yoh 15:16). Dengan perantaraan Maria, Bunda-Mu yang tersuci, dengan rendah hati serta sungguh-sungguh, aku mohon kepada Bapa-Mu dalam nama-Mu, agar doaku terkabul.
(Sebutkan permohonan Anda!)
Yesus, Engkau telah berkata, Langit dan bumi akan berlalu, tetapi Firman-Ku tidak akan berlalu (Mrk 13:31). Dengan perantaraan Maria, Bunda-Mu yang tersuci, aku yakin bahwa doaku terkabul.
(Sebutkan permohonan Anda!)


Doa Syukur atas Rahmat yang Diterima dari Kanak-Kanak Yesus

Aku bersujud di hadapan-Mu, ya Kanak-Kanak Yesus yang amat baik, untuk menghaturkan syukur yang terhangat atas berkat-berkat yang telah Kau curahkan kepadaku.
Tanpa putus-putusnya aku akan memuji kemurahan Hati-Mu yang tak terhingga serta mengakui bahwa Engkau sendiri adalah Allahku, Penolongku dan Pelindungku.
Karena itu seluruh keyakinanku kuletakkan pada-Mu! Aku akan memaklumkan dengan lantang kemurahan dan kelembutan Hati-Mu di mana-mana, sehingga Kasih-Mu yang besar dan perbuatan-perbuatan-Mu yang agung yang Kau lakukan melalui patung ajaib ini dapat dikenal oleh semua orang.
Semoga devosi kepada Kanak-Kanak Kudus semakin hari semakin berkembang dalam hati semua orang Kristen, dan semoga semua orang yang telah menerima bantuan-Mu bertekun bersamaku dalam menghaturkan syukur tak henti-hentinya kepada Kanak-Kanak Yesus yang terkudus.
Pujian dan kemuliaan bagi-Mu selama-lamanya.
Amin.
-----*****-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar