Kamera 1

Selasa, 17 Januari 2012

Tuhan Melihat Hati: Renungan Selasa, 17 Januari 2012

Tuhan Melihat Hati: Renungan Selasa, 17 Januari 2012

Senin, 16 Januari 2012 19:17 WIB
Tuhan Melihat Hati: Renungan Selasa, 17 Januari 2012
[streetjesus.info]

Pw St Antonius, Abas, 1Sam 16:1-13; Mzm 89:20,21-22,27-28; Mrk 2:23-28

HIDUPKATOLIK.com - Saul gagal menjadi raja yang baik. Karena itu, Tuhan menolak dia dan memutuskan menunjuk raja baru. Diutus-Nya Samuel ke Betlehem untuk mengurapi sosok pilihan-Nya itu. Agar Saul tidak curiga, kepergian Samuel dikatakan dalam rangka mempersembahkan kurban kepada Tuhan.

Demikianlah Samuel mengurapi raja baru bagi Israel dalam suatu upacara kurban di Betlehem. Yang diurapi tidak lain Daud, putra bungsu Isai. Anak muda yang sebetulnya tidak diperhitungkan ini terpilih untuk memperbaiki kegagalan Saul. Sejak saat itulah, Daud selalu disertai oleh Roh Tuhan sampai seterusnya.

Daud terpilih bukan karena hebat, gagah, tampan, atau karena faktor lahirilah lainnya. Tuhan melihat hatinya. Ia tulus, sederhana, dan beriman teguh. Pribadi seperti ini sangat cocok menjadi pemimpin umat! Karena itulah, Tuhan yang mengetahui isi hati manusia yang paling dalam berkenan kepada Daud.

Hal ini berbanding terbalik dengan situasi sekarang di mana banyak orang mengagung-agungkan apa yang bisa dilihat mata. Mereka menghargai orang yang tampak hebat, yang mengendarai mobil mewah, atau yang punya tas seharga delapan juta. Hati-hati, penampilan bukan segalanya, penampilan bahkan bisa menipu. Akan lebih baik kalau kita hari demi hari fokus mempercantik hati kita. Bagi Tuhan, itulah yang paling utama.

Johannes Jarot Hadianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar