Kamera 1

Kamis, 19 Januari 2012

Sahabat Sejati: Renungan Kamis, 19 Januari 2012


Sahabat Sejati: Renungan Kamis, 19 Januari 2012
 
Hari Biasa Pekan II, 1Sam 18:6-9; 19:1-7; Mzm 56:2-3,9-10a,10bc-11,12-13; Mrk 3:7-12

HIDUPKATOLIK.com - Kemenangan demi kemenangan di medan perang membuat popularitas Daud menanjak. Rakyat mengaguminya dan mulai membanding-bandingkannya dengan Saul. Hal itu membuat Saul iri hati, lalu berusaha membunuh Daud. Anak muda ini dianggap mengancam kekuasaannya sebagai raja.

Sejak Saul mulai melanggar perintah Tuhan, ia memang terus-menerus mengalami kemerosotan, baik menyangkut kepribadian maupun kekuasaannya sebagai raja. Roh jahat berkuasa atas dirinya (1Sam 16:23). Ia menjadi orang yang penuh rasa curiga, pemarah, dan suka melakukan kekerasan.

Sebaliknya, Daud adalah pribadi yang simpatik. Rakyat berada di pihaknya, ia pun menikmati perlindungan Tuhan yang terwujud dalam kehadiran Yonatan. Meski putra Saul, Yonatan tidak memusuhi Daud. Ia menjadi penengah di antara kedua belah pihak. Ketika usaha itu gagal, ia mengambil risiko dengan membantu Daud melarikan diri. Yonatan adalah sosok sahabat sejati. Mengabaikan kepentingan sendiri, ia mendukung Daud yang sedang berada dalam bahaya. Bagi sahabat, kita memang harus berlaku demikian, berada di sisinya manakala kesusahan dan penderitaan hidup menimpa dirinya. Itu kiranya yang membuat sahabat sejati susah didapat. Banyak orang siap menemani kita dalam kegembiraan. Dalam kesusahan? Mereka akan berkata, “Itu ‘kan urusanmu!”

Johannes Jarot Hadianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar